Cara Kerja di Malaysia

Cara Kerja di Malaysia, Syarat + Tipsnya!

Bagaimana cara kerja di Malaysia? Yuk, simak informasi lengkap tentang tahapan untuk menjadi TKI di Malaysia lengkap dengan syarat berserta tipsnya!

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menjadi TKI di Malaysia. Malaysia sudah menjadi salah satu tempat tujuan para TKI dikarenakan banyaknya lowongan pekerjaan yang ditawarkan, dengan gaji yang besar.

Lowongan pekerjaan yang ada di Negeri Jiran terbilang sangat menjanjikan, sehingga membuat banyak TKI memilih untuk bekerja di sana. Sebelum memutuskan untuk bekerja di Malaysia, Anda perlu memperhatikan serta mempertimbangkan beberapa hal, termasuk dengan cara akses masuknya.

Sebaiknya bekerjalah secara legal dengan mengantongi dokumen resmi agar bisa lebih aman dan nyaman saat bekerja. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja syarat dan ketentuan, serta tahapan untuk bisa bekerja dengan sukses di Malaysia.

Syarat dan Ketentuan Bekerja di Malaysia

Bisa bekerja dengan aman dan nyaman di luar negeri tentu menjadi impian seluruh TKI. Namun untuk mencapainya, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah berbagai syarat dan ketentuan untuk bisa bekerja di Malaysia yang perlu diketahui.

1. Memiliki Paspor Indonesia

Syarat dan ketentuan pertama adalah, Anda harus mengurus paspor. dengan memiliki paspor, maka perjalanan Anda ke Malaysia akan dinyatakan legal, karena telah diberi izin oleh pemerintah.

2. Memiliki Usia Yang Sesuai

Jika ingin bekerja sebagai pembantu rumah tangga di negeri jiran, Anda harus berusia minimal 21 tahun, dan maksimal 45 tahun. Sedangkan jika bekerja sebagai penata laksana rumah tangga, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 38 tahun.

3. Melengkapi Dokumen Lainnya

Selain paspor, Anda perlu menyiapkan dokumen lainnya, seperti KTP, akta kelahiran, surat izin keluarga, pas foto, ijazah, dan KK. Sertakan juga surat keterangan lulus medical check up.

4. Berangkat melalui PPTKIS

Syarat dan ketentuan berikut adalah Anda bisa pergi ke Malaysia secara sah melalui pemerintah atau perusahaan PPTKIS. PPTKIS merupakan perusahaan pelaksana penempatan TKI swasta. Pilihlah perusahaan PPTKIS yang telah resmi terdaftar di DEPNAKER RI.

5. Menandatangani Kontrak Kerja

Sebelum mulai bekerja, Anda harus menandatangani kontrak kerja dengan majikan Anda di Malaysia nanti. Kontrak kerja ini menyatakan bahwa Anda akan resmi menjadi pekerja. Namun, baca kontrak kerja tersebut dengan seksama dan bertanyalah jika masih mengalami kebingungan.

6. Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Selanjutnya, Anda juga perlu menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan atau FOMEMA, sebelum bepergian ke Malaysia. Biaya pemeriksaan bagi TKI pria adalah sebesar RM180, sedangkan untuk TKI wanita sebesar RM190 yang nantinya ditanggung oleh majikan.

7. Memiliki Permit Kerja

Selain memiliki dokumen lengkap yang telah disiapkan sendiri, Anda juga harus memiliki dokumen lainnya yang akan diurus oleh majikan. Dokumen tersebut berupa permit kerja. Work pass ini nantinya akan dikenakan biaya per tahun (Levy) yang ditanggung oleh majikan.

8. Ikut dalam Program Asuransi Malaysia

Agar lebih aman saat bekerja, Anda juga harus mengikuti program asuransi Malaysia. Ketentuan ini telah disesuaikan dengan Workmen Compensation Act 1952.

Tahapan Agar Bisa Kerja di Malaysia

Secara umum, untuk bisa bekerja di Malaysia, Anda harus mulai mencari informasi terlebih dahulu tentang berbagai hal yang akan dijalani. Jika sudah memiliki pengetahuan yang cukup tentang pekerjaan dan negara Malaysia, Anda bisa langsung menyiapkan berbagai hal sebelum keberangkatan.

Anda bisa mengurus dokumen-dokumen penting, mengikuti kursus untuk memperdalam skill, serta mulai menabung untuk biaya perjalanan. Setelah semuanya beres, barulah Anda bisa mulai untuk bekerja di Malaysia.

Tips agar Sukses Menjadi TKI di Malaysia

Setiap orang pastinya ingin menjadi pekerja yang sukses. Bekerja di luar negeri sebenarnya akan sangat menguntungkan jika dijalankan dengan baik.

Sudah terdapat beberapa TKI yang kini telah sukses. Beberapa di antaranya adalah Siti Maryam dan Nuryati Solapari. Kedua mantan TKI ini kini telah sukses dengan memiliki bisnis salon, serta menjadi tenaga pengajar di Untirta Serang.

Untuk bisa sukses, Anda perlu memiliki tekad yang kuat dan semangat agar bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk bisa sukses dalam bekerja sebagai TKI di Malaysia.

1. Menjadi Pekerja yang Produktif

Ketika memutuskan untuk bekerja di Malaysia, tentu Anda memiliki percikan semangat yang mendorong Anda untuk memilih pekerjaan ini. oleh karena itu, jadikanlah motivasi tersebut sebagai dorongan bagi Anda agar menjadi pekerja yang produktif.

Jika menjadi pekerja yang produktif, maka sukses tentu sudah tidak jauh dari genggaman Anda. Produktivitas juga perlu didukung dengan sikap jujur. Kejujuran menjadi soft skill utama yang dapat membantu Anda untuk meraih kesuksesan.

2. Mengelola Gaji dengan Baik

Gaji dari pekerjaan yang ada di Malaysia memang cukup besar. Agar bisa sukses, Anda perlu mengelola gaji dengan baik. sesuaikan gaji untuk keperluan pribadi atau kiriman untuk keluarga yang ada di Indonesia, dan setelahnya Anda bisa mulai untuk menabung. Jangan biarkan gaji Anda habis begitu saja tanpa hasil yang jelas.

3. Mengatur Pola Hidup

Gaya hidup sederhana bisa menjadi pola hidup yang tepat dan perlu Anda untuk bisa sukses. Gaya hidup glamour memang terlihat ‘wah’, namun hal tersebut nantinya bisa memberikan dampak yang kurang baik di hari depan. Hindari konsumerisme yang semata untuk menjaga image.

Hidup yang sejahtera bisa didapat dengan kerja keras dan juga doa yang tak putus-putusnya. Jika berniat sebagai TKI yang bekerja di Malaysia, maka persiapkanlah segala hal dengan baik. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar diberikan kemudahan serta kesuksesan saat bekerja nanti.

Demikian pembahasan tentang Bagaimana cara kerja di Malaysia lengkap dengan syarat dan tips yang bisa Anda gunakan bilamana ingin menjadi TKI khususnya di Malaysia.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *