Gaji Kompetitif Adalah: Pengertian & Cara Negosiasi

Gaji Kompetitif Adalah? kamu mau tahu apa arti dari gaji kompetitif? Yuk simak info selengkapnya.

Gaji kompetitif adalah salah satu istilah yang mungkin masih terdengar asing di kalangan fresh graduate yang sedang mencari job atau pekerjaan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu yang masih fresh graduate untuk mengetahui arti gaji kompetitif.

Gaji Kompetitif Adalah: Pengertian & Cara Negosiasi

Apa Itu Gaji Kompetitif?

Gaji kompetitif adalah gaji yang sesuai dengan kemampuan pekerja saat ini, namun kebanyakan fresh graduate tidak memahami apa kemampuan mereka yang sebenarnya. Sehingga, hal ini menjadi masalah ketika ingin bernegosiasi gaji pada perusahaan tertentu.

Terkadang gaji kompetitif saja tidak mencukupi kehidupan karena kurang dari standar UMR, hal ini juga dirasakan di setiap kota di Indonesia dan mengeluhkan karena gaji mereka yang kurang dan tidak sesuai dengan kemampuan mereka saat bekerja.

Gaji kompetitif sendiri sebenarnya bisa dikaitkan dengan permasalahan kesetaraan gender di lingkup dunia kerja, seperti para pekerja wanita yang memiliki gaji lebih rendah dibandingkan dengan gaji pria.

Selain itu, istilah gaji kompetitif juga digunakan untuk membandingkan gaji yang diberikan perusahaan saat ini dengan besaran gaji rata-rata di industri.

Jika saat ini perusahaan memberikan gaji lebih tinggi daripada rata-rata industri, bisa dibilang gaji tersebut kompetitif.

Dalam melamar suatu pekerjaan, seorang pelamar bisa terjebak karena tidak adanya cantuman gaji yang akan didapatkan.

Dalam hal ini, perusahaan perlu menampilkan gaji kompetitif dalam surat lowongan kerja yang dimilikinya agar tidak ada kandidat yang merasa dirugikann dengan besarnya gaji maupun tunjangan yang akan diterima.

Pertimbangan Gaji Sebelum Mencari Pekerjaan

Kamu sebagai kandidat pencari kerja juga perlu mempertimbangkan setiap hal sebelum mencari perusahan yang tepat, berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mencari pekerjaan sebagai berikut:

1. Kinerja Perusahaan 

Banyak perusahaan besar, kecil dan menengah yang memiliki sistem kerja berbeda, namun sistem kerja tersebut perlu kamu pertimbangkan saat interview agar kamu dapat naik jabatan dan memiliki gaji kompetitif sesuai dengan kemampuan kamu .

Jika sistem perusahaan yang kamu target memiliki sistem kerja terstruktur dan baik, maka kamu akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan passion dan tidak butuh waktu lama untuk kamu mendapatkan jabatan yang tinggi.

2. Riset Gaji yang Sesuai

Pekerja saat ini membutuhkan gaji yang sesuai karena keadaan ekonomi yang berubah-ubah, dengan riset gaji yang sesuai arti gaji kompetitif bagi kamu menjadi hal yang penting karena menyesuaikan kebutuhan hidup dan kemampuan kamu .

Arti gaji kompetitif juga perlu diterapkan dalam setiap pekerjaan yang kamu ambil, untuk itu kamu harus pintar-pintar memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu dengan sistem kerja yang baik dan gaji yang sesuai.

Cara Negosiasi Gaji Kompetitif

Ketika ingin melakukan negosiasi gaji kompetitif pada perusahaan yang kamu lamar, tentu kamu harus memperhatikan caranya. Berikut ini adalah cara negosiasi gaji kompetitif, sebagai berikut:

  • Mengetahui keterampilan yang kamu miliki.
  • Mencari tahu besaran gaji rata-rata pada setiap market yang ada.
  • Mengetahui latar belakang perusahaan.
  • Memberitahukan kepada perusahaan mengenai harapan gaji yang kamu inginkan.
  • Mulai melakukan tawar menawar hingga mencapai kesepakatan.
  • Memastikan semua hal yang sudah dinegosiasikan telah tercantum di dalam kontrak.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai Gaji Kompetitif Adalah yang dikutip dari berbagai sumber. Terutama bagi para pencari kerja dan fresh graduate yang ingin memasuki dunia kerja.

Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menjadi referensi yang menambah wawasan bagi kita semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *