Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan

Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan

Berapa biaya hidup di Korea Selatan? Yuk, simak pembahasan lengkap tentang Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan.

Negara yang dijuluki sebagai Negeri Ginseng ini telah menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat asing dengan berbagai tujuan. Ada yang datang untuk bekerja dan ada juga yang datang untuk menimba ilmu di berbagai pusat-pusat pendidikan yang ada.

Korea memang memiliki terkenal memiliki kualitas pendidikan yang bagus, serta lowongan pekerjaan yang berlimpah dan menjanjikan. Sebelum berangkat ke Korea, setiap orang perlu mengetahui budaya, bahasa dan kisaran biaya hidup di Korea.

Baca juga : Pekerjaan di Korea Untuk Wanita

Sama seperti di negara-negara lainnya, Anda bisa menikmati aneka kuliner dan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada. Namun destinasi wisata yang tersedia tentu mematok tarif yang beragam. Begitupun dengan berbagai kebutuhan, seperti tempat tinggal, makanan, perlengkapan harian dan transportasi.

Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan

Korea terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang terjangkau. Keunggulan ini termasuk sebagai faktor pendorong masyarakat asing tertarik untuk bekerja atau bersekolah di Korea.

Berikut informasi rincian biaya hidup yang harus Anda bayarkan saat berada di Korea Selatan.

1. Tempat tinggal

Hal utama yang harus dimiliki saat memilih untuk merantau ke daerah lain adalah tempat tinggal. Di Korea, Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat tinggal yang memiliki harga yang berbeda-beda, sesuai dengan lokasi, luas dan fasilitas yang tersedia.

  • Asrama

Asrama atau gi-suk-sa menjadi tempat tinggal yang sangat cocok bagi para mahasiswa yang akan menimba ilmu.

Namun tidak menutup kemungkinan juga jika terdapat tempat kerja yang menyediakan hunian semacam asrama untuk para pekerjanya.

Asrama biasanya berlokasi di dalam kampus atau tempat kerja, sehingga para penghuninya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya transportasi.

Setiap asrama umumnya memiliki fasilitas dalam berupa kasur, lemari meja dan kursi belajar, serta kulkas kecil. Bahkan beberapa asrama juga menyediakan kamar mandi dalam. Selain fasilitas yang ada di tiap ruangan, asrama juga memiliki fasilitas lain berupa gedung, yakni gymnasium, dan minimarket.

Jika ingin memasak, Anda bisa menggunakan dapur bersama yang telah disediakan. Para penghuni asrama juga bisa memanfaatkan café milik asrama untuk membeli makan atau sekedar bersantai melepas penat.

Sistem pembayaran asrama biasanya berupa sistem deposit, dengan kisaran biaya sewa bulanan mencapai 150.000 hingga 600.000 KRW. Jenis tempat tinggal ini bisa dihuni oleh 2 hingga 6 orang per kamar.

  • One Room

One room menjadi jenis tempat tinggal dengan satu ruangan yang berada di luar kawasan kampus atau tempat kerja. Ruangan ini cocok untuk Anda yang kurang menyukai keramaian seperti di asrama. Untuk fasilitasnya, jenis tempat tinggal ini memiliki fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan asrama, yakni tempat tidur, lemari, serta meja dan kursi.

Tempat tinggal satu ruangan ini memiliki banyak ukuran, dengan fasilitas lainnya, berupa kamar mandi dalam, mesin cuci dan pantry. Dengan membayar biaya sewa bulanan sekitar 250.000 hingga lebih dari 1.000.000 KRW, Anda bisa menempati one room yang nyaman.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya fasilitas tambahan, seperti listrik dan gas. Bahkan Anda juga bisa menikmati wifi dengan biaya tersebut. mengajak teman untuk berbagi kamar, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi biaya bulanan.

  • Homestay

Ingin mendapat pengalaman tinggal bersama dengan penduduk Korea asli? Anda bisa mencoba untuk tinggal di tempat tinggal berkonsep hasukjib ini. Biaya sewa bulanan yang perlu dibayar untuk bisa tinggal di Homestay adalah sekitar 400.000 KRW.

Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati fasilitas kamar layaknya hunian pada umumnya, serta mendapat sarapan dan makan malam. Sarapan dan makan malam ini biasanya akan disiapkan oleh pemilik Homestay. Skill berbahasa Korea sangat diperlukan untuk bisa tinggal di jenis tempat tinggal yang satu ini.

2. Listrik

Tagihan listrik biasanya menjadi tanggungan bagi para penyewa tempat tinggal, khususnya jenis tempat tinggal One Room. Tagihan tersebut bisa dibayar secara terpisah atau digabung bersamaan dengan biaya bulanan tempat tinggal. Setiap penghuni biasanya menggunakan listrik dan juga gas.

Listrik memiliki biaya tagihan sekitar 8.000 hingga 20.000 KRW, sedangkan gas memiliki tagihan sekitar 10.000 hingga 20.000 KRW. Karena menjadi negara di asia timur yang memiliki 4 musim, maka tagihan listrik dan gas di Korea tergantung musim. Tagihan listrik akan meningkat di musim panas, sedangkan tagihan gas akan meningkat ketika musim dingin.

3. Makan dan Minum

Selain membutuhkan makanan, setiap orang juga pasti membutuhkan makanan dan minuman. Korea menyediakan beragam jenis makanan dan minuman yang tersedia di berbagai tempat, seperti minimarket, kantin, dan restoran.

  • Convenience Store atau Minimarket

Convenience store atau minimarket menyediakan aneka makanan yang dibandrol dengan harga di bawah 5.000 KRW. Di sana, Anda bisa menemukan makanan, seperti Nasi Kepal, Onigiri, salad, sayur dan buah. Aneka minuman juga tersedia di swalayan ini.

  • Kantin Kampus

Kantin kampus biasanya menjadi tempat makan favorit bagi para mahasiswa karena menyediakan menu yang lengkap dengan harga terjangkau. Di kantin kampus, Anda bisa mendapatkan menu makan siang lengkap dengan mengeluarkan biaya kurang dari 5.000 KRW. Menu makanan tersebut sudah lengkap dengan nasi, lauk, makanan tambahan, serta air minum.

  • Street Food

Tempat makan berikut ini berada di pinggir jalan, dan menyajikan berbagai jenis jajanan, dengan harga mulai dari 3.500 KRW. Anda bisa mencicipi jajanan Korea seperti Fish Cake, Hotteok dan banyak jajanan lainnya.

  • Restoran

Restoran Korea juga menyediakan makanan dengan menu lengkap dengan biaya 10.000 KRW. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang sibuk dan tidak sempat memasak, atau sedang bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

  • Masak Sendiri

Anda bisa menghemat biaya bulanan sekitar 100.000 hingga 200.000 KRW jika memilih untuk memasak makanan sendiri.

Minimarket Korea biasanya juga menjual aneka produk dengan potongan harga atau diskon. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapat bahan makanan dengan potongan harga, agar Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan.

4. Biaya Transportasi

Masyarakat Korea umumnya menggunakan transportasi umum saat akan bepergian menjalankan rutinitasnya. Berbeda dengan Indonesia, sepeda motor hanya digunakan oleh para pengantar makanan atau barang.

Sistem pembayaran pada setiap transportasi di Korea bisa menggunakan melalui bayar tunai dan menggunakan T-Money. T-Money merupakan kartu bank yang telah terintegrasi untuk membayar tagihan transportasi.

  • Subway

Subway menjadi transportasi yang sering digunakan oleh penduduk asli Korea maupun para pendatang. Kendaraan ini menyediakan petunjuk umum dengan bahasa Inggris, MAndarin dan Jepang untuk mempermudah para penggunanya. Tarif dari transportasi ini berkisar 1.250 hingga 2.500 KRW.

  • Bus

Korea menyediakan tiga jenis bus, yakni Reguler, Express dan Village. Bus Reguler memilik tarif sewa sebesar 1.300 KRW dengan pembayaran tunai, dan 1.200 KRW dengan T-Money.

Sedangkan Bus Express memiliki tarif sewa seharga 2.400 dengan pembayaran tunai dan 2.300 dengan T-Money. Bus ini memiliki tarif yang lebih mahal karena lebih cepat dari bus reguler.

Untuk Village Bus, Anda harus membayar tarif perjalanan senilai 1.000 KRW dengan pembayaran tunai, dan 900 KRW dengan T-Money. Bus ini dapat mengantar penumpang hingga ke desa atau perumahan.

  • Taksi

Jika tidak ingin berdesakan dengan penduduk lain, Anda bisa menggunakan taxi. Transportasi yang lebih personal ini mematok tarif perjalanan yang lebih mahal dan bisa dibayar dengan kartu kredit, uang tunai, dan T-Money.

  • Kereta

Kereta juga menjadi salah satu transportasi yang sering digunakan oleh penduduk di Korea. Secara umum, kereta dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu Express KTX, KTX Sancheon, KTX-Saemaul, Mugunghwa, dan kereta wisata. Kelima jenis kereta ini memiliki tarif perjalanan yang berbeda-beda karena ditentukan oleh kecepatan dan fasilitasnya.

5. Komunikasi

Komunikasi dengan keluarga, pasangan atau teman-teman di tanah air juga menjadi suatu kebutuhan. agar komunikasi tetap bisa terjalin, Anda harus membeli paket data dengan biaya bulanan sekitar 36.000 hingga 69.000 KRW.

Jika tidak ingin terlalu boros, Anda bisa memanfaatkan wifi yang telah disediakan di tempat tinggal, tempat umum, bahkan transportasi.

6. Belanja Perlengkapan

Sebagai perantau, tentu Anda memerlukan berbagai kebutuhan pokok, seperti makanan pokok, camilan, perlengkapan kebersihan, dan lainnya.

Agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, Anda harus menyiapkan anggaran belanja sekitar 80.000 hingga 100.000 KRW per bulannya.

7. Asuransi Kesehatan

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan seperti sayur, buah dan susu memang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun Anda juga memerlukan asuransi kesehatan untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau hal lain.

Biaya asuransi kesehatan di Korea adalah senilai 60.000 KRW per semester dan bahkan bisa mencapai 150.000 KRW per tahunnya.

8. Hiburan dan Rekreasi

Relaksasi juga diperlukan agar Anda bisa terlepas dari rasa penat atau stres dan bisa kembali beraktivitas dengan maksimal. Korea Selatan menyediakan berbagai jenis hiburan dan rekreasi, seperti tempat-tempat destinasi wisata alam maupun kuliner.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat-tempat rekreasi yang ada, bahkan berbelanja. Di Korea, Anda bisa berbelanja pakaian dengan biaya sekitar 10.000 hingga 25.000 KRW. Sedangkan biaya untuk setiap tempat hiburan biasanya berbeda-beda.

9. Pendapatan Rata-Rata

Korea Selatan menyediakan berbagai jenis pekerjaan dengan jam kerja selama 20 jam per minggu dan upah 8.590 KRW per jam. Para mahasiswa juga diperkenankan untuk bekerja dengan memanfaatkan pekerjaan paruh waktu sebagai penerjemah, dan pekerjaan lainnya.

10. Rata-rata Biaya untuk Hidup di Korea

Dari keseluruhan rincian biaya yang telah kami bahas, maka dapat kita simpulkan bahwa rata-rata biaya hidup di Korea bisa mencapai 658.000 KRW atau Jumlah tersebut setara dengan Rp.8.484.655 (delapan juta empat ratus delapan puluh empat ribu rupiah)

Perlu Anda ketahui bahwa Jumlah biaya rata-rata ini hanya menjadi perkiraan, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda.

Baca juga : Cara Kerja di Korea Selatan

Kesimpulan

Rincian biaya hidup di Korea Selatan ini memang tidak selamanya benar dan tepat, namun kami memberikannya supaya bisa menjadi acuan bagi Anda yang berniat untuk bekerja di Korea Selatan.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa Negara Asia Timur yang memiliki 4 musim ini telah menyediakan berbagai hal yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Gaya hidup sederhana bisa menjadi pilihan terbaik agar Anda tidak mengalami krisis keuangan yang hebat saat berada di rantauan.

Demikian pembahasan kali ini tentang rincian biaya hidup di Korea Selatan lengkap dengan rata-ratanya, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *